Jumat, 17 Juni 2011

TAKABUR & KESOMBONGAN

. introspeksi diri, dan fokuskan pada isi kritikan. Muhasabah, karena kita hidup bermasyarakat. Apakah benar seperti yang di prasangkakan. Kalau tidak benar: jawablah dengan hikmah, hujjah yang baik dan lemah lembut. Kalau tidak: sabar. Sebaiknya kita menghargai setiap kritikan yg masuk, apalagi jika diberikan dengan cara yang benar.
Namun kita juga punya adab dalam bermasyarakat dan seupaya mungkin, kita disarankan untuk menutupi aib saudara kita. Inget kisah imam hasan al Banna...
Suatu ketika, seorang sahabatnya mengkritik suatu permasalahan dalam islam, habis2an. Bahkan dipublish kemana2, sehingga semua orang pun membaca. Sahabat2 al imam yang lain tersinggung berat, karena apa yang dituduhkan, tidaklah sepenuhnya benar. Namun apakah yang dilakukan oleh as syahid hasan al banna?? Beliau memilih diam, bersabar dan menyerahkan pada ALLAH. Karena kala itu, jika ditanggapi, apalagi dengan emosi,justru akan banyak mudhoratnya. Dan ternyata diamnya al imam sungguh berhikmah. Sekarang, sahabat yg dulu menghujat habis2an itu malah menjadi partnernya dalam menyiarkan da'wah islamiyah. Dialah Sayyid Qutb.
Demikian saja , tentang menyikapi suudzhon... bercermin pada al imam hasan al banna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar